Mengembangkan Lebih Lanjut Kemampuan Menulis Siswa
![]() |
Siswi MINU Trate Putri Gresik |
Keterampilan menulis yang kuat membantu siswa mengungkapkan gagasan dengan jelas, berpikir kritis, dan
berkomunikasi secara efektif. Untuk mencapai hal tersebut, perlu adanya
strategi yang tepat untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa. Beberapa
cara efektif yang sudah diterapkan MINU Trate Putri Gresik untuk meningkatkan
keterampilan menulis siswa, antara lain dengan latihan rutin, umpan balik yang
membangun, membaca aktif, menulis dengan tujuan, dan memanfaatkan teknologi.
Dengan menerapkan metode ini diharapkan siswa dapat mengembangkan kemampuan
menulis yang baik dan menghasilkan tulisan yang berkualitas.
Untuk lebih mengembangkan kemampuan mengarang siswa, ada beberapa metodologi yang bisa ditempuh. Berikut beberapa metodologi yang dapat dijalankan:
Siswa harus dilibatkan dalam latihan menulis biasa yang mencakup berbagai jenis
penulisan seperti pengalaman dan cerita pendek. Praktek ini akan membantu siswa
memperoleh pengalaman dan mengembangkan lebih lanjut kemampuan menulis mereka.
Melibatkan
inovasi dalam mempelajari cara menulis dapat meningkatkan kemampuan siswa.
Dengan memanfaatkan bantuan menulis tingkat lanjut, siswa sebenarnya dapat
mempelajari struktur bahasa dan ejaan, serta menyusun tulisannya dengan lebih
efisien. Hasil
praktek siswa dalam menulis cerpen, seperti di bawah ini:
Aisyah Farhana Salma Siswi MINU Trate Putri Gresik Pada suatu hari, Ayah ku
memberitahu tentang acara keluarga besar di rumah kakek nenek yang akan
dihadiri oleh semua anggota keluarga. Saudara-saudara ayahku yang dekat maupun
yang tinggal diluar kota akan hadir di acara tersebut. Aku pun bertanya kepada
ayahku, “Ayah, kapan acara keluarga di rumah Kakek?”
Ayah pun menjawab, “Acaranya
hari minggu besok, Nak.” Aku pun merasa penasaran
mengapa semua anggota keluarga akan hadir. Akhirnya aku bertanya pada ayahku.
“Ayah, kenapa semua anggota
keluarga hadir di acara minggu besok?” tanyaku. “Acara di rumah kakek
merupakan acara doa bersama dan silaturrahmi anggota keluarga,” jawab Ayah. Pada
hari minggu aku bersama ayah, ibu, dan adikku berangkat ke rumah kakek.
Sesampainya di tujuan aku dan ibuku membantu di dapur untuk menyiapkan makanan untuk
semua anggota keluarga. Sedangkan ayah dan adikku membantu membersihkan halaman
rumah kakek. ”Ibu, kenapa kita harus
menyiapkan makanan dan membersihkan halaman rumah?” tanyaku.
“Kita harus memuliakan tamu
dan saudara kita,” jawab Ibu. Setelah semua selesai aku
menunggu kedatangan saudara-saudaraku di depan rumah. Akhirnya saudaraku yang berasal dari kota
malang pun dating, aku merasa sangat senang karena sudah lama kami tidak ketemu.
“Alhamdulillah kabarku
baik-baik saja, sudah lama kita tidak ketemu aku kangen sekali sama aisyah. “
jawab Mbak Ica. ”Sama Mbak Ica, aku juga
kangen. Meskipun kita lama tidak bertemu, aku selalu mendoakan Mbak Ica dan
semua anggota keluarga kita semoga sehat wal afiat.” Kataku pada Mbak Ica. Acara keluarga pun di mulai
dengan doa bersama. Kami mendoakan para orang tua yang sudah meninggal dunia.
Setelah doa bersama, acara di lanjutkan dengan makan bersama. Semua anggota
keluarga besar kakek dan nenek menikmati makanan yang di hidangkan tampak wajah
gembira pada semua anggota keluarga. Semoga silaturrahmi tetap
terjalin dengan baik. Tamat terima kasih
Pendidik hendaknya memberikan masukan yang jelas dan bermanfaat kepada siswa
mengenai komposisinya. Sehingga siswa dapat memahami kelebihan dan kekuranganya.
Membaca dengan teliti secara konsisten membantu siswa dalam memperluas sudut
pandang mereka dan mempelajari berbagai gaya penulisan. Hal ini jelas dapat
mempengaruhi gaya dan kemampuan menulis siswa.
Siswa harus diberi kesempatan untuk menulis dengan motivasi tertentu, seperti
menulis surat dan menulis synopsis dari buku yang dibaca. Menulis dengan alasan
ini akan membantu siswa dalam memahami lingkungan dan melatih kemampuan
menulisnya dalam keadaan nyata.Menjaga Silaturrahmi