Friday, November 15, 2024

Monitoring dan Evaluasi Perpustakaan Ramah Anak Bustanul Ilmi MINU Trate Putri Gresik Dalam Program Pusat Informasi Sahabat Anak

Tim Monitoring & Evaluasi Pisa (Pusat Informasi Sahabat Anak)


Tamanilmumedia. Senin 04 Nopember 2024 telah dilakukan kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Perpustakaan Ramah Anaka “Bustanul Ilmi” MINU Trate Putri Gresik. Dari hasil kegiatan Monitoring yang dilakukan oleh TIM Monev Perpustakaan Bustanul Ilmi MINU Trate Putri Gresik dengan sumber daya manusia yang berjumlah 6 orang.

Kegiatan

Monitoring dan Evaluasi Program PISA, Perpustakaan Ramah Anak Bustanul Ilmi MINU Trate Putri Gresik Tahun Pelajaran 2024 – 2025.

Tujuan

Untuk mengetahui sampai dimana program PISA yang sudah dijalankan Perpustakaan secara menyeluruh. Dan juga, mengetahui perkembangan program PISA ini dalam dunia medsos yang dijalankan.  

Latar belakang

Fungsi Perpustakaan dalam program PISA adalah Pertama, tersedianya informasi terintegrasi yang dibutuhkan oleh anak-anak dengan pendekatan pelayanan yang ramah anak akan meningkatkan kesempatan anak untuk menerima, mencari, dan memberikan informasi sesuai dengan tingkat kecerdasan dan usianya. Hal ini sangat bermanfaat bagi pengembangan diri anak sesuai dengan nilai-nilai kesusilaan dan kepatutan, serta sejalan dengan prinsip-prinsip dasar Konvensi Hak-Hak Anak. Kedua, tersedianya pusat informasi layak anak yang terintegrasi lengkap dengan pendekatan pelayanan yang ramah anak akan memberikan lingkungan informasi yang sehat bagi anak. Lingkungan informasi yang sehat bagi anak sangat diperlukan mengingat lingkungan informasi yang diperoleh anak selama ini tidak selamanya positif bagi anak. Ketiga, keberadaan pusat informasi layak anak yang terintegrasi akan berkontribusi untuk terwujudnya Kabupaten/Kota Layak Anak.

Kegiatan ini bertujuan untuk memeriksa dan mengetahui sejauh mana program PISA ini berjalan. Dengan Monitoring dan Evaluasi TIM Monev juga diketahui bahwa program PISA yang dijalankan Perpustakaan Ramah Anak Bustanul Ilmi MINU Trate Putri Gresik sudah berjalan sesuai harapan.

Tahapan Program kegiatan TIM Monev :

Pelaksanaan                        : Kamis, 07 Januari sd 04 Nopember 2024

Sumber daya manusia       :  

1.    Kabid PPA PUHA Dinas KBPPPA Kab. Gresik

2.    Kepala Madrasah ( Pembina I )

3.    Monev I  ( PKM. Sarpras )

4.    Monev II  ( Bidang Layanan dan Karakter )

5.    Monev III  ( Teknik )

6.    Monev IV  ( Pengelolaan PISA )

 

Laporan hasil dari TIM Monev PISA :

1.    Program Layanan Informasi

a.    Layanan Perpustakaan

b.    Pembelajaran Literasi

c.    Layanan konseling

d.    Penhimpunan suara anak

e.    Layanan kunjungan TK ke Perpustakaan Bustanul Ilmi

f.     Layanan permintaan kebutuhan informasi anak

g.    Memasang informasi terkait tumbuh kembang dan masa depan anak

2.    Program Diseminasi

a.    Penyampaian informasi :

·       Flayer kegiatan PISA di medsos

·       Seminar bullying

·       Sosialisasi kesehatan

·       Seminar digital literasi

·       Muhadloroh

b.    Promosi keberadaan PISA melalui medsos

c.    Bekerjasama dengan lembaga terkait :

·      Olimnas14

·      Bioskop VR (Virtual Reality )

·      Hilo Body Move Challenge

·      Pemeriksaan kesehatan bersama Puskesmas Industri dan RSNAP (Rumah Sakit Nyai Ageng Pinatih)

3.    Program Pendukung

a.    Kegiatan Muhadloroh setiap 2 minggu sekali

b.    Lomba sudut baca kelas

c.    Kegiatan pendukung memotivasi anak melalui ekstrakurikuler ( Mewarnai, Melukis, Coding, Menari, Olah Raga Prestasi, dll )

Dengan demikian program kegiatan yang sudah dijalankan perpustakaan Bustanul Ilmi MINU Trate Putri Gresik berjalan sesuai dengan standarisasi sebagai Pusat Informasi Sahabat Anak ( PISA ).

 

Salam Literasi

Saturday, August 24, 2024

Perbaikan Pada Esai Atau Tulisan Yang Perlu Diperhatikan

 Pertanyaan-pertanyaan yang harus kita jadikan panduan

Siswi MINU Trate Putri Gresik

Setelah menulis esai atau karangan, tugas kita adalah memperbaiki tulisan tersebut. Kegiatan perbaikan ini sering juga disebut revisi. Apa yang perlu diperbaiki. Ada empat aspek yang perlu kita perhatikan dan perlu ditingkatkan, yaitu: aspek isi, aspek kebahasaan, aspek ejaan dan tanda baca, serta aspek teknis.

Aspek isi menyangkut ide-ide yang kita kemukakan secara tertulis sehingga kita mempunyai pegangan untuk memperbaiki aspek isi.


Kita dapat menggunakan pertanyaan-pertanyaan berikut sebagai panduan :

1.  Apakah isi esai kita sistematis, baik dari segi hubungan logis maupun hubungan kronologisnya
2. Apakah isi karangan kita lengkap dalam arti gagasan ide-ide yang diturunkan sesuai dengan kebutuhan kita
3. Apakah isi esai kita akurat dalam artian pokok-pokok gagasan kita diukur dengan benar dari apa yang dibutuhkan

Dan memadai tidaknya isi esai diukur dari kebutuhan informasi yang dibutuhkan oleh calon pembaca. Aspek kedua adalah bahasa. Kita dapat menggunakan pertanyaan-pertanyaan berikut sebagai panduan:

1. Apakah ragam bahasa yang kita gunakan sesuai dengan ragam yang dibutuhkan dalam tulisan

2. Apakah kata-kata yang kita gunakan termasuk kata yang tepat diukur dari pilihan kata atau diksi
 3. Apakah kalimat-kalimat tersebut termasuk kalimat efektif, baik diukur dari kejelasan gagasan, variasi kalimat, atau diukur dari kaidah struktur kalimat

Aspek ketiga adalah ejaan dan tanda baca. Untuk meningkatkan ejaan dan tanda baca, pertanyaan-pertanyaan berikut berguna bagi kita sebagai penulis :

1. Apakah ejaan yang kami gunakan dalam draft sudah sesuai dengan kaidah ejaan yang berlaku sebagaimana diatur dalam ejaan bahasa Indonesia penyempurnaan
2. Apakah tanda baca pada kata yang kita gunakan mengikuti kaidah penggunaan tanda baca sebagaimana diatur dalam ejaan bahasa Indonesia yang disempurnakan

Nah aspek keempat yang perlu kita tingkatkan adalah teknik menulis. Bagaimana? Tekniknya menyangkut penggunaan margin (kiri, kanan, atas, bawah). Teknik penomoran, teknik pengutipan, dan teknik tampilan visual. Seperti tabel, organigram, diagram gambar, dan denah.

Yang kita gunakan sebagai panduan untuk meningkatkan setiap teknik adalah sebagai berikut :

1. Apakah angka yang kita gunakan sudah sesuai dengan sistem penomoran yang benar
2. Apakah penulisan daftar pustaka sudah sesuai dengan ketentuan teknis penulisan daftar pustaka
3. Apakah kutipan sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku dalam teknik penulisan kutipan pustaka
4. Apakah tampilan informasi visual sudah sesuai dengan ketentuan teknik tampilan informasi visual

 

 

 By. Taman Ilmu Media

Thursday, August 22, 2024

Definisi Menulis dan Fase-Fase dalam Menulis

 Mengapa kita menulis?

Siswi MINU Trate Putri Gresik dalam program menulis

Tamanilmumedia. Menulis adalah kegiatan komunikasi berupa penyampian pesan secara tertulis kepada pihak lain. Di balik kerumitannya, menulis banyak manfaat bagi pengembangan mental, intelektual, dan sosial seseorang. Dan, menulis juga dapat :

1. Meningkatkan kecerdasan
2. Mengembangkan gaya isiatif dan kreativitas
3. Menumbuhkan keberanian serta
4. Merangsang kemauan dan kemampuan mengumpulkan informasi.

Sayangnya, tidak banyak orang yang menyukai tulis menulis. Karena apa?

Mungkin merasa tidak berbakat, serta tidak tahu untuk apa dan bagaimana harus menulis.
Menulis sebagai aktivitas berbahasa tidak dapat dilepaskan jari kegiatan berbahasa lainnya. Apa yang diperoleh melalui menyimak, membaca, dan berbicara akan memberinya masukkan berharga untuk kegiatan menulis.

Sebagai proses, menulis melibatkan serangkaian kegiatan yang
terbagi atas 3 tahapan, yaitu :

1. Tahap prapenulisan,
2. Tahap penulisan,
3. Tahap pascapenulisan

Fase prapenulisan, merupakan tahap persiapan mencakup,

kegiatan pemilihan topic, penentuan tujuan, penentuan pembaca, dan corak karangan, pengumpulan informasi atau bahan tulisan serta penyusunan kerangka tulisan.

Berdasarkan kerangka itu maka pengembangan tulisan pun dimulai. Yaitu, fase penulisan. Setiap ide yang dikembangkan secara bertahap dengan memperhatikan jenis informasi yang disajikan, pola pengembangan, pembahasan, dan yang lainnya. Setelah fase ini selesai, maka penulis membaca ulang untuk memeriksa dan memperbaiki tulisan.


By, Taman Ilmu Media