Monday, February 19, 2024

Membina Kemampuan Dan Minat Siswa Serta Membuat Siswa Mengetahui Akan Karunia Yang Dimilikinya

Mengetahui kemampuan dan minat siswa serta membuat siswa sadar akan bakat yang dimiliki

Siswi MINU Trate Putri Gresik

Setiap orang dilahirkan ke dunia dengan segala asetnya, termasuk kemampuan bawaan. Bagaimana pun, jika bakat yang dimiliki seseorang tidak diselidiki, maka dapat dibayangkan bahwa kita tidak akan menyadari bahwa orang tersebut mempunyai kemampuan tertentu. Apalagi pelajar, mereka juga mempunyai kemampuan luar biasa yang perlu diasah dan dikembangkan.

Contoh kecenderungan dan bakat siswa yang perlu dikembangkan adalah kemampuan ekspresi seperti berkarya, bermain musik, atau bergerak. Ada siswa yang bisa melakukannya tanpa berkonsentrasi pada Matematika, namun dia sangat mahir dalam tari. Bisa dibilang dia punya kemampuan di bidang seni. Ada siswa yang pandai mengingat, ada siswa yang suka mengarang cerita, dan lain-lain. Ini merupakan potensi yang perlu digali dan diasah agar bisa semakin berkembang.

Untuk menumbuhkan kecenderungan dan bakat siswa, diperlukan upaya dari berbagai pihak, baik wali maupun instruktur.

MINU Trate Putri Gresik menerapkan, bagaimana cara membina kemampuan dan minat siswa serta membuat siswa sadar akan karunia yang dimilikinya.

Bagaimana caranya? Kita simak penjelasan berikut!

  •        Sebutkan fakta-fakta yang dapat diamati

Tugas pendidik untuk mengetahui dan membina kemampuan siswa adalah dengan memerhatikan siswa. Instruktur yang cerdik dapat mencoba untuk fokus pada latihan apa yang sering dilakukan siswa selama pembelajaran atau saat istirahat. Lihat lebih detail misalnya kebiasaan siswa, apa saja yang suka dilakukan, apa saja yang bisa dilakukan tanpanya, hal-hal apa saja yang menonjol bagi siswa, dan latihan apa saja yang dapat memenuhinya.
Tentu saja hal ini tidak mungkin dilakukan dalam waktu singkat. Pendidik harus menunjukkan pengendalian diri sampai mereka dapat melihat contoh yang lebih jelas dari siswanya. Agar tidak ketinggalan, Pendidik dapat mencatat akibat-akibat persepsi dalam sebuah buku/lembar persepsi yang luar biasa.

  •       Tegaskan
Setelah mengenali bakat siswa dan mengetahui kecenderungan serta kemampuan siswa, hal selanjutnya yang perlu dilakukan Instruktur adalah menegaskan akibat persepsi terhadap siswa. Bagaimana caranya?

Mudah. Instruktur dapat mengundang siswa untuk berbicara santai dan mengajukan pertanyaan tentang latihan sehari-hari mereka. Misalnya, Pendidik yang Cerdas dapat menanyakan kecenderungan siswanya. Benarkah mereka suka menyanyi, menggambar, atau mungkin bermain catur?

Setelah mengetahui secara gamblang tentang kegiatan rekreasi siswa, pendidik dapat memperoleh informasi tentang kegiatan rekreasi yang dilakukan siswa, apa yang membuat mereka tertarik, tantangan yang dihadapi, dll. Selain membantu menemukan kemampuan siswa, gerakan ini juga dapat membangun kedekatan antara pendidik dan siswa.

  •        Berikan peningkatan
Cara menumbuhkan bakat siswa setelah memperhatikan dan mengafirmasi tentu saja dengan memberikan perbaikan. Peningkatan yang dapat dilakukan oleh pendidik, misalnya dengan merencanakan teknik pengajaran yang dapat disesuaikan dengan kecenderungan dan kemampuan siswa. Misalnya, memberikan pilihan untuk menyelesaikan pekerjaan. Siswa dapat melakukan perkenalan, membayangkan ide pembelajaran melalui gambar atau musik, dan lain-lain.

  •       Membangun iklim yang stabil
Kecenderungan dan bakat siswa tidak akan terlalu terasah jika iklimnya tidak kuat. Iklim seperti apa yang dapat mendukung peningkatan kecenderungan dan kemampuan siswa? Iklim yang membantu dalam membina bakat siswa adalah iklim yang memudahkan siswa untuk menjangkau segala sesuatu yang berhubungan dengan kecenderungan dan bakat yang dimilikinya.

  •    .    Memberikan Inspirasi dan Apresiasi
Membina bakat siswa tidak hanya sekedar memberi persiapan dan jabatan. Para Pendidik juga harus selalu memberikan inspirasi dan apresiasi kepada siswanya agar senantiasa terpacu untuk terus berkembang. Ada kalanya siswa merasa lelah dan perlu mencoba hal baru. Jika hal ini terjadi, jangan cepat-cepat memboikotnya. Tawarkan siswa kesempatan untuk mencoba.

Namun, jika siswa mendapat prestasi dari latihan untuk mengembangkan kecenderungan dan kemampuannya, pastikan untuk memberikan apresiasi. Memberikan apresiasi sangat penting untuk membangun semangat dan rasa takut pada siswa.

Itulah beberapa cara menumbuhkan bakat siswa yang bisa dicoba, untuk menguji bakat siswa sehingga dapat membantu siswa dalam mengetahui kapasitas dan potensi yang dimilikinya.

Salam
Taman Ilmu Media